Mitos-Mitos Seputar Seksualitas.

>> Minggu, 23 Agustus 2009

Mitos-Mitos Seputar Seksualitas. Bener nggak sih?

Aduh., kamu ini gimana sih, Ta.,? Kamu kan, lagi 'palang merah', ko malas keramas sih? Kata nyokap kalo lagi haid nggak boleh keramas!" teriak Vini heboh begitu ngelihat Tita, adik cewek semata wayangnya, keluar kamar mandi dengan rambut basah. Padahal Tita saat itu lagi menstruasi. Hmmm., pernah denger mitos-mitos seputar seksualitas yang kayak begini? Mungkin kamu-kamu ada yang pernah dengar mitos-mitos semacam ini dan bingung banget, bener nggak sih semuanya itu? Or maybe, banyak juga diantara kamu yang masih nggak ngeh, kalau ternyata, hari gini di sekeliling mu masih banyak yang percaya ama mitos-mitos ini.

Ada apa dengan mitos?
Di dalam masyarakat, kamu mungkin sering menemukan ada banyak pandangan, pendapat, persepsi, dan kepercayaan tentang suatu hal yang dipercaya masyarakat karena dianggap benar. Nah, biasanya, semuanya itu dipercaya sampai turun temurun. Ini dia yang dinamakan mitos.

Mitos biasanya muncul dan berkembang dalam masyarakat karena beberapa hal. Bisa karena penyampaian informasi yang kurang tepat or kurang lengkap. Bisa juga karena penyampaian informasi yang terlalu berlebihan alias kebanyakan bunga-bunganya, hingga menimbulkan sikap diskriminasi di masyarakat terhadap berbagai masalah. Actually, banyak banget cerita yang berkembang di masyarakat berkaitan dengan mitos-mitos ini. Padahal kebenarannya sendiri belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Mitos vs Fakta
Ada sejumlah mitos seputar seksualitas kita yang kerap kali salah banget. Parahnya lagi, nggak sedikit kita-kita yang mempercayainya. Nah, yang kayak gini-gini nih yang kudu diwaspadain. Let's take a look beberapa mitos yang sering menyestkan dan lihat fakta sebenarnya seperi apa.

1. Selama haid nggak boleh keramas.
Yang ini juga nggak bener banget. Justru selama haid harus lebih rajin mandi, karena selama haid, produksi keringat dan kelenjar minyak melebihi hari-hari biasa, termasuk minyak di kulit kepala. So, pas lagi haid kudu lebih sering membersihkan badan, termasuk keramas. Nggak mau kan, jadi kutuan gara-gara percaya mitos ini?

2. Cewek makan nanas bikin keputihan.
Hm., justru buah ini mengandung banyak serat dan vitamin yang dapat melancarkan pencernaan dan membantu menyembuhkan arthritis, sembelit, infeksi saluran nafas, and so on. Nggak terbukti tuh, kalau nanas bikin keputihan. Jadi buat penyuka nanas, jangat takut lagi makan buah favorit mu!

3. Masturbasi bisa bikin lutut kosong dan bikin mandul.
Faktanya, masturbasi nggak bikin lutut kosong. Sperma nggak diproduksi dan nggak disimpan dalam lutut, tapi di testis. Pada tubuh cowok yang sehat, everyday sperma diproduksi lebih dari 50 juta sel. Setelah masturbasi, biasanya timbul rasa lelah karena masturbasi mengeluarkan energi. Itu yang bikin lemas, bukan karena lututnya jadi kosong. Nah, kalau kemandulan biasanya akibat dari PMS (penyakit menular seksual) or penyakit lainnya seperti kanker atau karena kualitas sperma yang kurang baik. Tapi fakta yang lain, jelas masturbasi itu dosa.

Itu tadi baru sebagian kecil dari sekian banyak mitos yang ada. Masih ada banyak lagi mitos-mitos lainnya, seperti, kalau cewek lagi haid nggak boleh megang tanaman, soalnya tanamannya bisa berulat. Atau, cewek lagi haid, jangan sampai kesenggol cowok, soalnya bisa bikin cewek itu dapat penderitaan seumur hidup, etc. Ih., nggak ilmiah banget, sih?!! Tapi lucunya, mitos-mitos yang nggak jelas dan nggak bisa dibuktikan secara logis ini, ternyata, masih banyak yang mempercayainya, dan bikin banyak orang punya cara pandang yang salah tentang seksualitas.

0 komentar:

Powered By Blogger

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP