PMI Sragen Miliki Alat Canggih Pemisah Sel Darah

>> Senin, 24 Agustus 2009

SRAGEN - Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Sragen kini memiliki alat canggih produk Jerman, yang bernama Refrigate Centrifuge merek Sorvall seri RC 4. Alat yang berfungsi memisahkan whole blood (WB) menjadi trombosit, plasma maupun PRC (Packet Red Cell) ini dibeli PMI seharga Rp 362 juta demi memudahkan pelayanan PMI kepada pasien yang membutuhkan darah dengan cepat dan lebih terjangkau.

“Selama ini pasien di Sragen yang membutuhkan trombosit harus ke PMI Solo, karena alatnya hanya ada di sana. Sekarang penderita bisa ditolong lebih cepat karena darah yang dibutuhkan sudah dapat diperoleh di Sragen. Dengan tersedia disini tidak perlu biaya transportasi sampai ke Solo,” ungkapWakil Ketua I PMI cabang Sragen Drs. Suwarno (3/7/2009).

“Alat ini kami beli berdasarkan tingginya permintaan tranfusi sel darah yang terpisah oleh para dokter di Sragen,” tambah Suwarno.

Keuntungan alat tersebut proses pemisahan sel darah hanya membutuhkan 30 menit, dan cara kerjanya praktis hanya menekan tombol, mesin sudah bekerja.

Darah yang tersedia di PMI Sragen gratis dan hanya dikenakan service cost whole blood Rp 155 ribu per kantong, sedangkan darah yang sudah dipisah menggunakan alat ini menjadi Rp 167 ribu per kantong.

Sementara menurut Dokter Titie Hamzah bagian tranfusi darah PMI cabang Sragen mengungkapkan di Kabupaten Sragen per bulannya ada sekitar 700 hingga 800 pendonor darah. Jumlah ini masih kurang dibandingkan kebutuhan. Untuk itu ia menghimbau agar masyarakat Sragen gemar menjadi pendonor darah.

Syaratnya sehat dan berusia 17 hingga 60 tahun, bagi perempuan tidak sedang menopause, menstruasi, melahirkan, dan menyusui.(Rin/Dyh - Humas)

0 komentar:

Powered By Blogger

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP