Soya Bikin Cantik

>> Minggu, 23 Agustus 2009

Nama ilmiahnya glycine max. Tapi, lebih ngetop dengan sebutan soya bean alias kacang kedelai. Tanaman yang tergabung dalam keluarga polong-polongan ini biasa dijumpai dalam bentuk makanan. Seperti, tempe, tahu, tofu, dan susu kedelai.

Lho, kok jadi ngebahas makanan? Bukan, De-Style kali ini bukan lagi mau berubah jadi halaman kuliner. Tapi, kacang yang banyak tumbuh di kawasan Asia Timur ini selain menyehatkan ternyata punya banyak manfaat buat urusan kecantikan.

Soya banyak mengandung vitamin A dan E, yang berperan menjaga kelembaban dan kehalusan kulit. Pas banget buat kamu yang sering berada dalam ruang ber-AC dan terkena polusi udara. Juga, buat kamu yang takut kulitnya cepat keriput. Soya bukan cuma buat diminum atau dimakan lho. Tapi, bisa juga jadi bahan dasar kosmetik perawatan kulit.

Salah satu contohnya, sabun mandi batangan (soap bar). Ada yang menggunakan bahan dari kacang kedelai. Fungsinya, membuat kulit jadi bersih dan halus. Selain sabun, soya muncul dalam bentuk body scrub. Pemakaiannya bisa dilakukan sebelum mandi.

Caranya, lumuri tubuh dengan scrub yang berupa krim, sambil dipijat perlahan. Cara tersebut bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan membuat tubuh makin rileks.

Masih ada lagi produk perawatan kecantikan yang memanfaatkan soya sebagai bahan dasar. Yakni, produk sejenis cream bath, tapi bukan untuk rambut. Melainkan, krim untuk tubuh. Bentuknya seperti lotion yang efektif menjaga kelembutan dan tekstur kulit supaya kenyal. Produk ini bisa menghambat penuaan dini. Cukup dipakai sekali dalam seminggu.

Kalau soya yang muncul dalam wujud moisturizer, bisa digunakan kapan aja. Tiap hari pun, kamu bisa mengoleskannya. Fungsinya, melindungi kulit dari sinar matahari dan menjaga kelembabannya. Sehabis mandi atau sebelum keluar rumah, usapkan moisturizer soya ini ke seluruh bagian kulit yang terbuka.

Uniknya, ada juga lilin aromaterapi yang terbuat dari campuran soya. Bahan ini bisa dimanfaatkan untuk program relaksasi dan menghilangkan penat. Selain cantik, pikiran jadi segar.

Selain digunakan jadi produk kecantikan, soya dalam bentuk minuman atau makanan pun berperan menjaga kecantikan. Contohnya, susu kedelai yang udah banyak banget di pasaran. Selain bergizi, susu jenis ini memiliki kadar lemak yang lebih rendah daripada susu biasa. Cocok tuh buat yang lagi diet sehat.



Sumber : Jawa_Pos.com

0 komentar:

Powered By Blogger

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP