DESA WISATA BATIK KLIWONAN

>> Senin, 24 Agustus 2009



Klaster industri batik di Desa Kliwonan dan Desa Pilang Kecamatan Masaran oleh Pemkab Sragen selanjutnya dikembangkan menjadi kawasan wisata dengan brandmark ‘’Desa Wisata Batik Kliwonan’’. Pengembangan kawasan dilakukan dengan pendekatan ekoturisme berkelanjutan yang menekankan pada pemberdayaan warga lokal dan mengangkat potensi ekonomi, keunikan, kearifan lokal serta memperhatikan keseimbangan ekologi.

Ada beberapa aktivitas wisata yang ditawarkan kepada pengunjung, antara lain: belanja batik berkualitas tinggi dengan harga murah, wisata belajar membatik 3 jam dan mendalam, belajar membuat gerabah sawah, mengenal proses bertani, wisata kuliner makanan khas desa, menjelajah desa, fotografi luar ruang (alam), festival desa batik (antara bulan Agustus-Nopember tiap tahun).

Menyusuri jalanan desa di pagi hari, bersepeda sambil menghirup udara segar tanpa polusi di tengah hamparan persawahan adalah aktivitas menyenangkan dan menyehatkan. Jika cuaca bersahabat, di kejauhan terlihat siluet Gunung Merapi dan Merbabu ditimpa cahaya keemasan matahari yang sedang terbit.

Di salah satu sudut jalan desa --dari arah ketinggian, tampak aliran Sungai Bengawan Solo berkelok-kelok di bawahnya. Aktivitas penambang pasir tradisional di sungai dengan puluhan rakit bambu menjadi atraksi menarik. Saat senja, merupakan lokasi tepat menikmati pemandangan matahari terbenam.

0 komentar:

Powered By Blogger

  © Blogger templates Palm by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP